Kapolri Akan Temui Kepala Kepolisian Myanmar

Kapolri Akan Temui Kepala Kepolisian Myanmar

JAKARTA, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam waktu dekat akan menemui Kepala Kepolisian Myanmar untuk membahas masalah kekerasan terhadap warga Rohingya Rakhine State, Myanmar. Langkah yang diambil oleh Tito ini sebagai bentuk tidakan untuk mengatasi krisis kemanusiaan di Myanmar. Tito yang mempunyai pengalaman mengatasi konflik di Indonesia akan membagikan pengalamannya kepada Kepala Kepolisian Myanmar.

“Nanti ada ASEAN Conference kan hari Selasa, di Singapura. Saya nanti tentu minta waktu bilateral meeting dengan Kepala Polisi Myanmar untuk juga diskusikan soal masalah ini, termasuk sharing pengalaman menangani kelompok-kelompok yang dianggap bersenjata, supaya korban masyarakat tidak terjadi,” kata Tito, di Jakarta, Sabtu (9/9/2017).

Langkah yang dilakukan Tito Karnavian ini selaras dengan langkah-langkah diplomasi yang sudah dilakukan pemerintah terutama melalui Menteri Luar Negeri Indonesia. Selain langkah diplomasi, pemerintah Indonesia  juga sudah memberikan bantuan berupa barang untuk penanganan pengungsi. Langah diplomasi yang dilakukan oleh pemerintah dalam misi kemanusiaan Rohingya di Myanmar didukung sepenuhnya oleh Polri.

“Tentu saya sangat prihatin dengan apa yang terjadi di sana dan tentu kami juga melakukan banyak juga langkah-langkah,” pungkas Tito Karnavian.

Langkah dan pernyataan Kapolri Tito Karnavian tersebut sekaligus membantah kabar yang beredar di sebuah media online yang menyatakan bahwa sebagai muslim Kapolri biasa saja dengan Rohingnya. Fakta yang ada justru Kapolri sangat peduli dengan kasus Rohingnya bahkan akan melakukan tindakan nyata dengan menemui Kepala Kepolisian Myanmar untuk berbagi pengalaman penyelesaian konflik. (red/01)

Subscribe

independen dan terpercaya

No Responses

Comments are closed.