Indonesia dan Jepang akan Merayakan 60 Tahun Hubungan Diplomatik

Indonesia dan Jepang akan Merayakan 60 Tahun Hubungan Diplomatik

Manila, Filipina, WARTANASIONAL.NET – Presiden RI Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Manila, Filipina, pada Minggu (12/11) sore menjelang Pertemuan Retreat Pemimpin Asia Timur (East Asia Summit Leaders` Retreat).

Menlu Retno menyebutkan bahwa pertemuan bilateral antara Presiden RI dan PM Jepang kali ini merupakan pertemuan yang penting karena akan membahas rencana peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang pada 2018.

“Indonesia dan Jepang akan merayakan 60 tahun hubungan diplomatik. Dalam pertemuan bilateral, kedua pemimpin akan membahas tentang rencana kegiatan-kegaiatan yang akan dilakukan untuk peringatan 60 tahun hubungan tersebut,” ujar dia.

Selain itu, menurut Menlu RI, Presiden Jokowi dan PM Abe rencananya akan melakukan peluncuran logo 60 tahun hubungan bilateral Indonesia-Jepang.

Selanjutnya, Menlu Retno menyebutkan bahwa dalam pertemuan bilateral tersebut, kedua pemimpin negara akan membahas mengenai berbagai kerja sama pembangunan infrastruktur antara Indonesia dan Jepang.

“PM Abe dan Presiden Jokowi akan membahas proyek-proyek kerja sama pembangunan infrastruktur dengan Jepang yang ada di Indonesia, misalnya pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, MRT (Mass Rapid Transit), dan proyek lainnya,” ungkapnya.

Setelah melakukan pertemuan bilateral dengan PM Jepang Shinzo Abe, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana akan menghadiri acara “Special Gala Celebration for The 50th Anniversary of ASEAN”, yang diadakan di SMX Convention Center, Manila. (*ber)

Subscribe

independen dan terpercaya

No Responses

Comments are closed.