“Karaeng Galesong” Menuju Gelar Pahlawan Nasional

“Karaeng Galesong” Menuju Gelar Pahlawan Nasional

Wartanasional. Net,  – Bupati Takalar Syamsari menggandeng pakar sejarah dari Universitas Hasanuddin dalam membahas sebuah proses pengajuan usulan pemberian gelar pahlawan nasional kepada tokoh pejuang asal Galesong I Mannindori Karaeng Tojeng alias Karaeng Galesong.

Pembahasan pengusulan pemberian gelar ini melibatkan sejumlah pakar sejarah daerah dari Tim Peneliti Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Universitas Hasanuddin diantaranya dari Prof.Aminuddin Salle Karaeng Toto, Prof MS Noer, DR. Andi Suriady Mappangara, Prof. Dr.Buyung Romadhan, Prof. Sufriady Hamdat, didampingi langsung oleh Bupati Takalar Syamsari, dan Kepala Dinas Sosial kabupaten Takalar Ridwan Tiro.

Bupati Takalar dengan para tim TP2GD

Tim TP2GD menyarankan agar Pemkab Takalar terlebih dahulu melakukan seminar pengkajian dan penelusuran perjuangan I Manindori Karaeng Tojeng paling lambat pada awal bulan Maret untuk diajukan ke Kementerian Sosial.

“I Manindori Kareng Tojeng merupakan seorang raja Galesong yang turut memperjuangkan Kerajaan Gowa dari penjajahan belanda sekitar tahun 1667 silam, ungkap Salah sati tim TP2GD Prof. Aminuddin Salle.

Bupati Takalar Syamsari, berharap pengajuan pengusulan pemberian gelar pahlawan ini dapat diterima dan terwujud, sehingga menambah daftar pahlawan nasional yang berasal dari kabupaten Takalar yang saat ini baru Ranggong Daeng Romo meraih pemberian gelar itu, terang Bupati Takalar.

Gapura Astana Karaeng Galesong Di Malang

“Pengenalan I Manindori Karaeng Tojeng sebagai pahlawan di tingkat daerah akan masuk dalam penyusunan buku dan gelar pahlawan Nasional, sehingga ada nilai kebanggaan turut membangun Takalar kedepan, dan ini akan menjadi torehan sejarah baru di Galesong setelah sebelumnya sejarah budaya lokal dengan adanya “Pemecahan Rekor Dunia Tarian “Appa’dekko Massal” beberapa hari lalu. (Syam).

Subscribe

independen dan terpercaya

No Responses

Comments are closed.