Festival Obor Asian Games Bangkitkan Semangat Nasionalisme Warga Jakarta

Festival Obor Asian Games Bangkitkan Semangat Nasionalisme Warga Jakarta
Puan Maharani Nyalahkan Obor Asean Games

Jakarta, WARTANASIONAL.NET- Masyarakat antusias menyaksikan Festival Obor Jelang Asian Games 2018 yang berkeliling di setiap kelurahan di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur, Minggu (01/07)pagi.

Pantauan di lapangan, iring-iringan pembawa replika obor yang didampingi para pelajar dilepas pada pukul 07.30 WIB dari halaman kantor Kecamatan Duren Sawit melintas kelurahan-kelurahan di Duren Sawit.

Rute yang dilintasi mulai dari kantor kecamatan ke Kelurahan Pondok Bambu, menuju Kelurahan Duren Sawit, Kelurahan Pondok Kelapa, Kelurahan Pondok Kopi.

Dilanjutkan ke Kelurahan Malaka Jaya, lalu ke Malaka Sari menuju ke Kelurahan Klender dan kembali ke Pondok Bambu hingga berakhir di kantor kecamatan.

Di setiap kantor kelurahan, dilakukan pergantian pembawa replika obor. Lalu dilanjutkan berlari ke kelurahan selanjutnya.

Iring-iringan festival obor dikawal oleh aparat kepolisian, aparat kecamatan hingga kelurahan dan tenaga medis dari puskesmas setempat dan AGD Dinkes DKI Jakarta.

Di beberapa titik anak-anak sekolah berseragam olahraga menanti iring-iringan pembawa replika obor menyambut mereka dengan kibaran bendera merah putih dari kertas.

Meski demikian banyak warga yang mengaku tidak mengetahui adanya kegiatan festival obor tersebut.

Sri warga Klender mengaku tidak tahu adanya kegiatan festival obor itu. “Saya mau belanja tapi lihat ada anak-anak sekolah berkumpul tidak biasanya ramai begini,” ujar Sri.

Begitu juga dengan Ibu Wadiyo yang baru selesai berolahraga di Banjir Kanal Timur, mengaku tidak mengetahui kegiatan tersebut.

Wadiyo yang sebelumnya beristirahat di pelataran supermarket di Kelurahan Malaka Jaya tersebut penasaran dengan banyaknya anak sekolah yang berbaris di depan kantor kelurahan.

“Biasanya kalau ada kegiatan diumumkan dari kelurahan, tadi saya selesai senam rencana mau belanja tapi kok pasar sudah bersih, biasanya ramai,” kata warga Pondok Kopi tersebut.

Warga lainnya yang berada di luar rumah menyaksikan iring-iringan meriah yang juga diramaikan suara rotator ambulans dan dari mobil lapangan Satpol PP.

Festival obor jelang Asian Games digelar Pemerintah DKI Jakarta yang menjadi salah satu lokasi pelaksanaan pesta olahraga se-Asia tersebut sebagai upaya menyebarkan demam Asian Games 2018 sampai ke seluruh wilayah DKI Jakarta.

Festival obor dilaksanakan pada 1 Juli 2018 di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, pada 8 Juli di Jakarta Barat dan Jakarta Pusat serta pada 15 Juli di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Selain festival obor Komite Olimpiade Indonesia juga mengadakan “Fun Run” di dua kota utama perhelatan Asian Games 2018, yakni Jakarta dan Palembang, untuk mendemamkan pesta olahraga terbesar se-Asia tersebut di Indonesia. (*ber)

Subscribe

independen dan terpercaya

No Responses

Comments are closed.