Ketum DPP Geomaritim Jalin Kerjasama dengan Ibu Kota Maritim Terbaik Dunia

Ketum DPP Geomaritim Jalin Kerjasama dengan Ibu Kota Maritim Terbaik Dunia
Manager Singapura Maritim Institute (SMI) Tan Wei saat menerima Dokumen Kerjasama dari Ketua Umum DPP Geomaritim Baharudin Farawowan di Kantor Singapura Maritim Institute (Singapura Rabu 11 Juli 2018)

Singapura,WARTANASIONAL.NET – Tahun ini Singapura sekali lagi menduduki posisi teratas sebagai ibukota maritim terbaik di dunia berdasarkan studi yang dilakukan perusahaan konsultan Menon Economics yang dipublikasi website The Straits Times Rabu, (11/07) lalu. Karenanya Ketua Umum DPP Gerakan Poros Maritim Indonesia berniat menjalin kerjasama dengan Singapura di bidang Maritim.
Penilaian Menon secara obyektif atas dasar 24 indikator dan mendapat tanggapan survei dari lebih 250 pakar industri di seluruh benua. Hasilnya, Singapura kembali menduduki peringkat pertama sebagai ibukota maritim terbaik di dunia menyusul dua kali sebelumnya yakni tahun 2015 dan 2012. Tahun ini, Singapura menduduki peringkat nomor satu dalam tiga kategori: pengiriman, pelabuhan dan logistik, dan daya tarik serta daya saing.
Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Poros Maritim Indonesia (DPP Geomaritim) Baharudin Farawowan dalam lawatannya ke Kantor Singapura Maritim Institute (Rabu 11 Juli 2018) mengatakan Sumber daya Maritim Indonesia menjadi modal pembangunan yang sangat besar namun masih sering dianggap hanya sebagai halaman belakang (backyard).
”Bagaimanapun kompleksitas sektor maritim Indonesia menjadi sebuah karakteristik dan fakta yang harus dihadapi oleh para pemangku kepentingan (stakeholders). Namun kita harus jujur mengakui Singapura yang merupakan kota kecil di bandingkan Indonesia, kini menjadi Kota Maritim terbaik di Dunia”, ujar Baharudin.
Lebih lanjut Farawowan mengatakan, kompleksitas maritim hendaknya perlu dibingkai dengan suatu paradigma yang dapat menyatukan para pemangku kepentingan agar dapat dikelola dengan baik dan tepat. Karena hanya dengan cara demikian cita-cita Indonesia Menjadi Poros Maritim Dunia di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi dapat terwujud.
Sebagai pimpinan pusat Geomaritim Indonesia, aku Bahrudin, pihaknya terus berjuang melakukan terobosan-terobosan untuk mendukung cita-cita Presiden Joko Widodo yang ingin menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Untuk maksud itulah dirinya bertandang ke Singapura Maritim Institute.
”Untuk itu kami kesini guna berkoordinasi dengan Pimpinan Singapura Institute agar ke depannya Pengurus Geomaritim Se Indonesia diberi kesempatan studi banding maupun belajar tentang kemajuan Maritim Singapura”, tuturnya.
Sementara itu Manager Singapura Maritim Institute (SMI), Tan Wei sangat mengapresiasi pertemuan tersebut. Dia menjelaskan, Singapore Maritime Institute (SMI) adalah upaya bersama oleh Otoritas Pelabuhan dan Maritim Singapura (MPA), Badan Sains, Teknologi dan Penelitian serta Dewan Pengembangan Ekonomi (EDB). Baginya semua ini merupakan cerminan komitmen Pemerintah dan rakyat Singapura terhadap keberlanjutan industry maritime dan lepas pantai.
”Semua itu mencerminkan komitmen Singapura yang berkelanjutan terhadap industri maritim dan lepas pantai. IKM mengembangkan strategi dan program yang terkait dengan aspek akademis, kebijakan dan R & D industri”, ungkap Tan Wei.
Iapun menyambut baik keinginan kerjasama DPP Geomaritim Indonesia bersama SMI. ”Kami akan segera mengabari pertemuan lanjut dengan DPP Geomaritim Indonesia dan sekali lagi terimakasih sudah berkunjung di kantor Kami” Tutup Tan Wei.
Atas apresiasi Tan Wei ini, Ketum DPP Geomaritim Indonesia langsung mengirimkan WA dari Singapura dan Malaysia menghimbau jajaran pimpinan DPP Geomaritim, terutama Ketua Bidang Kerjasama Maritim agar melakukan persiapan terinci, tidak hanya menyambut kerja sama dengan Singapura tapi juga dengan Panglima Angkatan Laut Malaysia, MIMA dan RazakSchool.
“Bid. Kerjasama Maritim DPP GM sudah harus siapkanbentuk kerjasama lebih terperinci dengan SMI Singapura, Panglima Angkatan Laut Malaysia, MIMA dan Razak School”, pintahnya melalui WAG langsung dari Malaysia. (bernad)

Subscribe

independen dan terpercaya

No Responses

Comments are closed.