Geomaritim Provinsi Banten Diharap Mampu Kembalikan Kejayaan Maritim Banten

Geomaritim Provinsi Banten Diharap Mampu Kembalikan Kejayaan Maritim Banten
Pengurus DPD Provinsi Banten saat Pembekalan oleh Ketum DPP Geomaritim

Serang,WARTANASIONAL.NET- Lahirnya Gerakan Poros Maritim Indonesia yang disingkat Gomaritim bertujuan untuk Mengawal Kebijakan Kelautan Indonesia, Mewujudkan Indonesia menjadi Poros Maritim Dunia sesuai Peraturan Presiden (Pepres) No. 16 Tahun 2017.

“Gerakan Poros Maritim Indonesia yang disingkat Gomaritim ini didirikan sebagai bentuk implementasi Peraturan Presiden (Pepres) No. 16 Tahun 2017 yang bertujuan untuk Mengawal Kebijakan Kelautan Indonesia, Mewujudkan Indonesia menjadi Poros Maritim Dunia”, jelas Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Geomaritim, Baharudin Farawowan, SH.MH di Aula Sekretariat DPD Geomaritim Provinsi Banten, Selasa, (17/07).

Penjelasan tersebut disampaikan Baharudin saat Pembekalan Pengurus DPD usai Melantik dan Mengambil Sumpah Pengurus DPD Geomaritim Provinsi Banten Periode 2018-2023.(17/7/18) di Walantaka, Serang.

Dalam acara pelantikan dan pembekalan pengurus DPD Provinsi Banten tersebut hadir pula perwakilan beberapa instasi terkait, di antaranya Polda Banten, Muspika setempat dan calon pengurus DPC Kabupaten, Kota Serang dan Pandeglang serta tokoh masyarakat Serang.
Dalam sambutannya ketua DPD Geomaritim provinsi Banten, Siti Khadijah,S.Sos. mengatakan, dengan dilantiknya DPD Geomaritim ini pihaknya segera melakukan konsolidasi internal dan external organisasi.

“Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan DPP Geomaritim melalui Ketua Umumnya Bapak Baharudin Farawowan kepada kami, bahwa Kehadiran DPD Geomaritim di Provinsi Banten secara resmi hari ini maka kami akan segera melaksanakan konsolidasi dan semoga kami dapat menjaga Amanah ini dengan baik dan dapat berjalan dengan lancar” ujar Siti.

Lebih lanjut menurut bu Bayi, sapaan akrab Siti Khadijah, Kehadiran DPD Geomeritim Provinsi Banten akan menjadi mitra pemerintah daerah dan masyarakat dalam membangun kemaritiman di Provinsi Banten.

” Seperti salah satunya membantu dalam meningkatkan kreativitas ibu – ibu nelayan dalam mengolah hasil tangkapan ikanya dalam berbagai bentuk olahan agar dapat meningkatkan pendapatan yang dapat memenuhi kebutuhannya” tutupnya.

Sementara dalam sambutannya, selaku ketua umum DPP Geomaritim, Baharudin memaparkan secara garis besar tentang visi-missi organisasi Geomaritim yang berlandaskan Pepres no 16 tahun 2017. ”Bahwa visi indonesia untuk menjadi sebuah negara maritim yang berdaulat, maju, mandiri, kuat, serta mampu memberikan kontribusi positif bagi keamanan dan perdamain kawasan dan dunia sesuai dengan kepentingan nasional” jelas Farawowan.
Usai Pelantikan, acara dilanjutkan dengan pembekalan pengurus yang diawali dengan pemutaran Film Sejarah Kejayaan Kemaritiman Banten sebagai pintu masuk bangsa asing yang kemudian menguasai Batavia.

Dipandu oleh Ketua DPP Geomaritim Bidang Koperasi – UKM, Bernadus B. Miten, S.Fil selaku moderator, Ketum Baharudin memberikan materi pembekalan mulai dari Visi – Missi serta AD/ART Geomaritim sebagai Ormas Modern hingga berlanjut pada jalinan kerja sama Geomaritim dengan lembaga lain, termasuk di luar negeri seperti dengan Malaysia dan Singapre.

Baharudin pun menambahkan soal pilihan Moto Geomaritim ‘Cakrawati Samudera’ yang justru dikutipnya dari pernyataan Bung Karno saat berpesan kepada rakyat bangsa ini. “Usahakanlah agar kita menjadi bangsa pelaut kembali.Ya, bangsa pelaut dalam arti seluas – luasnya. Bukan sekedar menjadi Jongos di kapal. Bukan! Tetapi bangsa pelaut dalam arti seluas – luasnya. Bangsa pelaut yang mempuyai armada militer, bangsa pelaut yang kesibukannya di laut menandingi irama gelombang laut itu sendiri”, pesan Bung Karno dari audio yang diperdengarkan.

Setelah pemaparan materi dan Tanya jawab yang cukup a lot, Baharudin pun menutup dengan berpesan semoga dengan upacara pelantikan hari ini para pengurus lebih percaya diri dan selalu kompak dalam perjuangan untuk mengembalikan kejayaan Banten sebagai provinsi Maritim sebagaimana warisan sejarah yang sudah kita pelajari

” Dengan dilantiknya DPD Geomaritim Provinsi Banten hari ini maka kami harapkan kita dapat bekerja sama melalui Geomaritim untuk mengembalikan masa kejayaan maritim Banten seperti halnya di era Sultan Ageng Tirtayasa di abad ke 16-17”, tutp Bahar. (bernad)

Subscribe

independen dan terpercaya

No Responses

Comments are closed.